Minggu, 01 Maret 2009

Pemuda Pilihan

Masa muda adalah masa yang sangat berpengaruh bagi kehidupan seseorang, yang akan menentukan kehidupannya di usia 40 tahunan. tidak sedikit orang yang memanfaatkan masa mudanya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat bagi dirinya. sungguh ironi memang, bahkan berdasarkan survey salah satu LSM menyebutkan bahwa indonesia telah kehilangan satu generasi. hilang bukan karena anak mudanya tidak ada, tetapi generasi muda di indonesia sudah rusak orientasinya dalam artian tidak punya visi dan misi dalam hidupnya.

itulah sekelumit dari permasalahan yang menimpa para pemuda, yang perlu kita sadari disini adalah setiap perubahan di motori oleh para pemuda, sebagai contoh setiap peperangan Rasulullah pasti di motori oleh para pemuda, generasi pertama yang di bina Rasulullah adalah para pemuda. dan dari generasi tersebut lahirlah sebuah peradaban baru dibawah naungan panji-panji islam.

presiden soekarno pun pernah menyampaikan "berikan aku 100 orang tua, maka akan aku guncang indonesia. tapi beri aku 10 orang pemuda, maka akan aku guncangkan dunia!!!" sungguh luar biasa memang kekuatan para pemuda.....

pemuda pilihan adalah seperti apa yang Allah sampaikan dalam surat al-kahfi :13-14 yaitu pemuda yang memiliki:

1. Keimanan
2. hati yang teguh
3. rendah hati


1. keimanan. bagi seorang hamba, keimanan merupakan hal yang sangat penting sekali. seorang pemuda yang memperhatikan betul tentang kondisi iman nya dia termasuk ke dalam golongan yang akan mendapat perlindungan nanti dihari yang tidak ada lagi yang dapat memberikan perlindungan selain Alloh SWT. kemudian ketika seorang pemuda dengan sungguh memperhatikan kondisi imannya maka Alloh akan memberikannya petunjuk kepada mereka, seperti halnya yang terjadi pada zaman ashabul kahfi yang berlari untuk menghindari kejaran dari kaum kafir yang akan membunuhnya dan kemudian Alloh memberikan petunjuk kepada mereka dengan menuntun mereka ke dalam sebuah goa.

2. hati yang teguh. hati adalah sesuatu yang memiliki pengaruh luar biasa bagi seseorang, baik secara jasad maupun ruh. karena Rasul sendiri menegaskan : di dalam tubuh manusia ada segumpal daging, yang apabila segumpal daging ini baik maka seluruh anggota tubuhnya pun akan baik begitu pula sebaliknya, dan segumpal daging itu adalah hati. hati yang teguh sulit untuk di miliki, karena hati ini senantiasa dibolak balikan. berdo'lah kepada Alloh semoga hati kita senantiasa berada terus dalam keimanan.

3. rendah hati. setelah mempertahankan keimanan kemudian memiliki hati yang teguh, maka yang berikutnya adalah pemuda tersebut akan memiliki kesadaran bahwa Tuhannya adalah Alloh dan mengaplikasikan dalam kehidupannya dan mengetahui bahaya akan pelanggaran terhadap keyakinan tersebut dan berusaha untuk menghindarinnya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Salam kenal... mudah2an blog antum bisa eksis dalam menyuarakan kebajikan... http://judgeagisti.wordpress.com